Manfaat Kopi Untuk Menurunkan Risiko Kanker Hati

Kanker hati adalah jenis kanker yang cukup berbahaya. Penyakit kanker hati dibagi menjadi dua jenis berdasarkan penyebabnya meliputi dapat disebabkan oleh timbulnya sel kanker pada organ hati itu sendiri dan disebabkan oleh sel kanker yang sudah menyebar ke organ hati. Gejala dari penyakit kanker hati bisa dikenal seperti penyakit kuning, gatal-gatal, pembengkakan hati, perut menmbengkak dan lain sebagainya.

Penyebab kanker hati diduga disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat seperti mengkonsumsi alkohol, penggunaan obat terlarang, obesitas, asap rokok, atau dapat disebabkan oleh penyakit pada hati seperti hepatitis, sirosis, dan infeksi virus hepatitis. Penyakit kanker hati dapat diceha sejak dini dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga konsumsi makanan yang baik. Baru-baru ini telah ditemukan fakta bahwa kopi mempunyai mafaat untuk mencegah kanker hati.

Manfaat Kopi Untuk Menurunkan Risiko Penyakit Kanker Hati



Suatu penelitian baru menyoroti bagaimana minum sebanyak tiga cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi risiko kanker hati. Dan sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa minum hingga tiga cangkir kopi sehari dapat mengurangi risiko jenis yang paling umum dari kanker hati, karsinoma hepatoseluler (HCC).

Para peneliti di Mario Negri Institute of Pharmacological Research, Milan, melakukan meta-analisis dari 16 penelitian, yang terdiri dari lebih dari 3.000 kasus antara tahun 1996 hingga 2012 mengenai hubungan antara konsumsi kopi dan HCC. Mereka menemukan bahwa semua hasil penelitian konsisten menunjukan jumlah moderat konsumsi kopi, terutama tiga cangkir kopi sehari, mungkin bisa mengurangi risiko kanker hati sampai 50%.

Penelitian ini menegaskan klaim masa lalu bahwa kopi baik untuk kesehatan, dan khususnya untuk hati, jelas Dr. Carlo La Vecchia, dari Departemen Ilmu Klinis dan Kesehatan Masyarakat di Institut tersebut. Efek menguntungkan dari kopi pada kanker hati mungkin dimediasi oleh bukti pencegahan kopi pada diabetes, risiko yang dikenal untuk penyakit ini, atau  efek menguntungkan pada sirosis dan enzim hati.

Kopi mengandung beberapa senyawa sehat yang berguna untuk kesehatan dan melawan berbagai penyakit salah satunya kanker hati. Senyawa alami tersebut diantaranya senyawa antioksidan, antiinflamasi. Senyawa antioksidan yang terdapat dalam kopilah yang mampu mencegah risiko kanker hati. Antioksidan mampu menangkal radikal bebas atau zat-zat yang dapat menimbulkan sel kanker tumbuh.

Jadi, mengkonsumsi kopi secara rutin memang baik untuk kesehatan asalkan jangan terlalu berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan dampaknya tidak baik. Itulah pembahasan mengenai manfaat kopi untuk menurunkan risiko penyakit kanker hati. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Manfaat Kopi Untuk Menurunkan Risiko Kanker Hati :

Diberdayakan oleh Blogger.