Ciri-Ciri Kanker Laring


Kanker laring adalah tumor yang tumbuh pada jaringan kontak suara, Laring mrupakan bagian dari tenggorokan yang memiliki fungsi penting dalam membantu proses pernafasan dan bicara kita. Bagian tubuh ini juga akan melindungi paru-paru dari masuknya maknan pada saat menelan. Kondisi medis ini dapat dialami oleh siapa saja, namun pria memiliki risiko 4x lebih tinggi untuk mengalaminya dibandingkan dengan wanita. Kanker laring juga umumnya menyerang lansia, terutama mereka yang berusia 60 tahun atau lebih.

Beriku ini adalah pemaparan dari ciri-ciri kanker tenggorokan secara umum :

>> Merasa kesulitan ketika menelan
Ciri-ciri kanker ini terutama pada saat menelan makanan. Hal ini sangat mengganggu dan menyebabkn berkurang nya nafsu makan.

>> Terjadi perubahan pada suara
Orang terkena kanker laring/ tenggorokan ini akan mengalami perubahan pada suaranya. Perubahan ini wajar adanya apalagi jika berada dalam masa pertumbuhan. Kita harus mewaspadai ciri-ciri ini karena bisa jadi hal tersebut merupakan tanda adanya penyakit laring/tenggorokan

>> Terasa sakit pada tenggorokan
Sakit pada tenggorokan ciri-ciri yang paling jelas untuk mengetahui adanya penyakit kanker tenggorokan. Jika sakit tenggorokan tersebut tidak kunjung sembuh kita perlu melakuakn pemeriksaan lebih lanjut pad dokter.

>> Mengalami batuk kronis
Orang yang memiliki kondisi tenggorokan yang normal, apabila batuk dapat dengan mudah disembuhkan. Lain halnya dengan orang yang mengidap penyakit kanker tenggorokan, apabila batuk sulit untuk disembuhkan dan cenderung menjadi batuk kronis.

>> Benjolan pada tenggorokan yang tidak kunjung sembuh
Orang yang terkena kanker laring dapat menimbulkan benjolan pada tenggorokannya. Jika benjolan tersebut tidak kunjung sembuh atau hilang maka orang tersebut positif terkena penyakit kanker tenggorokan.

>> Bunyi napas menjadi terdengar berbeda
Ketika kita bernafas cenderung tidak terdengar suara bahwa sedang bernafas. Tetapi jika kita bernapas seperti biasa kemudian menimbulkan bunyi yang tidak biasanya muncul seperti melengking, perlu diwaspadai bahwa hal ini merupakan ciri – ciri dari penyakit kanker tenggorokan.

>> Terjadi pembengkakan pada organ tubuh lain disekitar
Orang yang mengidap penyakit kanker laring bisa mengalami pembengkakan pada organ tubuh lain di sekitarnya, seperti mata, rahang, atau leher. Hal ini disebabkan karena sel kanker mulai menyebar ke anggota tubuh sekitarnya sehingga terjadi pembengkakan pada organ tersebut.

>> Telinga terasa sakit berdengung
Apabila telinga terus menerus merasa sakit dan selalu berdengung, perlu di waspadai adanya penyakit kanker tenggorokan ini.

>> Permukaan laring menjadi terasa lebih kasar
Hal ini dirasakan apabila ada sesuatu yang mengganjal pada permukaan tenggorokan yang terkena kasar. Untuk mengetahui ciri ini dengan jelas diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter.

Artikel Terkait Ciri-Ciri Kanker Laring :

Diberdayakan oleh Blogger.