Kenali Ciri-ciri Kanker Stadium 1 Sebelum Terlambat


Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang menakutkan bagi seorang wanita setelah kanker serviks. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara, misalnya saluran tempat keluar air susu, lobulus (penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Kanker payudara stadium 1 adalah kanker payudara stadium awal. Pada kondisi ini benjolan kanker pada payudara berukuran 2 cm atau lebih kecil. Benjolan ini masih belum menyebar ke getah bening di bagian ketiak.

Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan Anda terkena kanker payudara. Jika Anda memiliki keluarga dekat atau bahkan ibu yang terkena kanker ovarium atau kanker payudara, pernah muncul benjolan jinak pada payudara. Seharusnya kanker payudara bukan penyakit warisan. Namun terdapat gen yang disebut BRCA1 dan BRCA2 yang meningkatkan resiko terkena kanker payudara. Gen ini dapat diturunkan kepada generasi penerus.

Kanker payudara perlu dideteksi pada tahap awal sehingga tidak menyebar ke bagian lain tubuh. Dibawah ini adalah ciri-ciri kanker payudara stadium 1 :

Ada benjolan di payudara

Benjolan ini umumnya tidak terasa sakit, sehingga sering diabaikan. Namun tidak semua benjolan dapat menyebabkan kanker payudara. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut.

Warna payudara berubah

Pada umumnya payudara akan terlihat kemerahan, dan teksturnya berubah

Puting sakit

Bila sudah parah, dapat disertai dengan keluar cairan (bukan Asi) dari puting.

Ada benjolan di ketiak

Ini karena jaringan payudara melebar hingga ke bawah ketiak, sehingga bila terjadi sesuatu dapat terdeteksi di area ketiak.

Payudara berubah bentuk dan ukuran

Perubahan bentuk payudara bisa dari ukuran besar menjadi kecil atau salah satu payudara bentuknya berubah.

Cobalah untuk melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) setiap bulan. Rutin melakukan SADARI dapat membantu Anda mengenali tekstur jaringan payudara Anda. Sehingga jika Anda merasakan sesuatu yang tidak biasanya pada payudara Anda (Bukan perubahan tekstur payudara pada saat menstruasi), Anda akan lebih menyadarinya. Penyebab pasti dari kanker payudara ini masih belum diketahui. Namun, tidak ada salahnya untuk lebih waspada pada penyakit ini.

Artikel Terkait Kenali Ciri-ciri Kanker Stadium 1 Sebelum Terlambat :

Diberdayakan oleh Blogger.