4 Jenis Kanker Tiroid


Kanker tiroid terjadi akibat pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali pada kelenjar tiroid. Kanker tiroid terbagi menjadi 4 jenis yaitu :

Kanker Papiler

Jenis kanker ini lebih sering dialami wanita dan anak muda. Kanker akan lebih cepat tumbuh dan menyebar pada usia lanjut. Selain itu, orang yang pernah mengalami terapi penyinaran di bagian leher juga beresiko tinggi terkena kanker papiler.

Kanker ini bisa disembuhkan dengan cara pembedahan yang melibatkan pengangkatan kelenjar getah bening disekitarnya. Tindakan pembedahan hampir selalu berhasil mengatasi kanker ini. Umumnya hampir semua penderita kanker papiler bisa disembuhkan.

Kanker Folikuler

Kanker ini juga lebih sering dialami para wanita. Kanker ini bisa menyebar melalui aliran darah, kemudian sel-sel kanker menyebar ke berbagai organ tubuh. Sebanyak 15% kanker tiroid merupakan kanker folikuler. Tindakan pengobatan untuk kanker jenis ini adalah dengan pengangkatan kelenjar tiroid dan pemberian yodium radioaktif untuk menghancurkan jaringan maupun sel kanker yang tersisa.

Kanker Anaplastik

Kanker anaplastik dapat tumbuh sangat cepat dan bisa menimbulkan benjolan besar dileher. Sebagian besar penderita kanker ini akan meninggal dalam jangka waktu 1 tahun.

Kanker Meduler

Kelenjar tiroid menghasilkan sejumlah besar kalsitonin (hormon yang dihasilkan oleh sel-sel tiroid tertentu). Karena itu, kanker ini dapat menimbulkan gejala yang tidak biasa. Sel kanker dapat menyebar melalui sistem getah bening ke kelenjar getah bening dan melalui darah ke paru-paru, hati, dan tulang. Kanker ini bisa diturunkan dari anggota keluarga yang mengidap kanker meduler.

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat kanker tiroid dan gondok menahun sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Perhatikan apakah ada pembengkakan dileher atau gejala lainnya seperti perubahan suara menjadi serak, batuk berdarah, sembelit, atau diare.

Artikel Terkait 4 Jenis Kanker Tiroid :

Diberdayakan oleh Blogger.